< Kembali

100 Peserta Belajar ke Masamba

MAMUJU -- Dalam rangka mewujudkan Provinsi Sulbar menjadi agro industri melalui pengembangan produk unggulan daerah, Pemprov Sulbar melepas sekira 100 peserta ke LPTTG Malindo di Masamba, Luwu Utara untuk mengikuti Pelatihan Pengolahan Produk Unggulan Daerah. Pelepasan dilakukan Wagub Sulbar, Aladin S Mengga, Senin, 2 Nopember. Peserta yang dibernagkatkan terdiri dari perwakilan dari TP PKK, perwakilan Dharma Wanita dan pelaku industri. 

Wagub Sulbar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sektor industri telah menunjukkan peranan yang penting dan strategis bagi perekonomian nasional baik dalam hal peningkatan nilai tambah maupun dalam upaya memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat luas. Oleh karena itu, lebih lanjut dikatakan, pemanfaatan sumber daya alam masih memerlukan perhatian yang cukup besar untuk memperoleh hasil yang optimal bagi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat di masa mendatang diharapkan dapat lebih berkembang dengan baik.

"Semua harus bekerja keras sebab masih banyak permasalahan di sektor industri yang segera diselesaikan oleh kita bersama, seperti kecenderungan penurunan daya saing industri di pasar dalam negeri maupun luar negeri, kurang kuatnya keterlibatan industri hulu dan hilir, masih tinginya ketergantungan pada produk impor, disamping masalah biaya ekonomi yang masih relatif tinggi serta belum memadainya layanan birokrasi,"sebut Aladin S Mengga. 

Ia juga menyampaikan, agenda pembangunan yang dirancang dalam rencana kerja dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Sulbar akan tetap berfokus pada upaya mewujudkan Indonesia yang aman dan damai menciptakan Indonesia yang adil dan demokratis serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Sulbar, Suarnati menyampaikan, bahwa pemberangkatan peserta untuk mengikuti pelatihan ke Masamba akan diikuti oleh dua angkatan yang didominasi oleh perempuan. Anggaran yang dialokasikan kurang lebih Rp1 miliar. 

"Kegiatan ini nantinya akan dilakukan monitoring sehingga tujuan dari pelatihan ini bisa tepat sasaran dan efektif sesuai dengan tujuan awal program ini yakni meningkatkan kesempatan kerja untuk menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,"kata Suarnati. (humas/dian)

KONTAK

Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat
(0462) 523xx
pde-dishubkominfo@sulbarprov.go.id

LOKASI