< Kembali

Keindahan Bawah Laut Balak-Balakang Sulawesi Barat

Gugusan kepulauan Balak-Balakang adalah kumpulan pulau yang terletak di perairan terluar Sulawesi Barat, Kawasan ini masih termasuk dalam wilayah kabupaten Mamuju, Sulbar dan ada dalam wilayah administrasi Kecamatan Balak-Balakang. Orang-orang di Sulbar mungkin jarang mendengar mengenai keindahan pulau ini, pesonanya lebih banyak dikenal oleh orang-orang di wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di kabupaten Paser, daerah yang memang lebih dekat ke Balak-Balakang.

Orang-orang Kaltim menyebut Balak-Balakang sebagai "Bala-Balagan", jarak dari kab. Paser hanya sekitar 30 mil laut, sementara dari wilayah induknya Mamuju, pulau-pulau ini dapat diakses dengan jarak 50 mil laut, karena hal itulah masyarakat awam Kaltim lebih mengenal Balak-Balakang karena alasan interaksi dan kegiatan sosial ekonomi lebih banyak berlangsung di wilayah Kaltim dibandingkan di Sulbar.

Balak-Balakang banyak dihuni oleh orang-orang suku Mandar, suku dominan yang juga banyak mendiami wilayah Sulbar. Selain itu, warga dari suku Bugis, Makassar serta Mamuju juga menghuni beberapa pulau-pulau di gugusan pulau berpasir putih ini.

Potensi laut, perikanan, serta periwisata Balak-Balakang adalah daftar sumber daya yang melimpah dan dapat dimaksimalkan, pemanfaatan potensi laut dan transaksi dagang perikanan lebih banyak melibatkan wilayah Kaltim dibandingkan dengan Sulbar, begitu pula dengan Pariwisata, Balak-Balakang lebih banyak kinujungi wisatawan yang bertolak dari kab. Paser.

Apa keunggulan dominan yang dimiliki Balak-Balakang dari segi Pariwisata adalah potensi keindahan bentang bawah lautnya, ada banyak pulau berpasir putih yang sangat bersih baik dengan penghuni maupun tanpa penghuni, sebutlah Pulau-Pulau seperti Ambo, Salissingan, Samataha, Sabakattang, Tappilagaang, dan lain-lain belum lagi terumbu karang yang masih alami, ikan-ikan kecil dengan dengan warna air laut yang sangat jernih, Keindahan bawah laut Balak-Balakang sangat jelas terlihat di sekitar pulau-pulau yang masuk dalam kelompok pulau ini, menjelang merapat ke pantai maka akan tampak dasar permukaan laut, dengan terumbu karang beragam warna. 

Potensi pariwisata yang dimiliki oleh Balak-Balakang Sulawesi Barat belumlah dimaksimalkan sepenuhnya pemerintah, lewat pemerintah kabupaten Mamuju, kendala jarak yang sangat jauh dari wilayah Mamuju menjadikannya dimasukkan dalam pertimbangan untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata, pemerintah kabupaten Mamuju lebih memilih mengembangkan Pulau Karampuang yang jaraknya lebih dekat dari daerah perkotaan Mamuju. 

Sumber : http://www.sulbar.org/2015/03/keindahan-bawah-laut-balak-balakang.html

KONTAK

Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat
(0462) 523xx
pde-dishubkominfo@sulbarprov.go.id

LOKASI