< Kembali

Pulau Karampuang Mamuju, Eksotisme Terumbu Karang Sulawesi Barat

Pulau Karampuang adalah satu-satunya pulau yang berjarak dekat dengan pusat kota kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, hanya berjarak 3 km dari bibir pantai Manakarra. Pulau ini adalah lokasi wisata yang sangat baik dijadikan tujuan kunjungan dan rekreasi di akhir pekan. 

Pulau Karampuang memiliki luas luas 6,21 km persegi, dan dihuni oleh warga yang masuk dalam wilayah kecamatan Mamuju. Ada cukup banyak warga yang tinggal dalam lingkungan pulau ini, setidaknya ada satu sekolah setingkat sekolah dasar dalam pulau ini. 

Pulau Karampuang merupakan objek wisata bahari yang menarik di kabupaten Mamuju, selain pulau ini Mamuju juga memiliki pulau lainnya yaitu kepulauan Balak-Balakang, namun jaraknya sangat jauh dari Mamuju, kepulauan Balak-Balakang berada di garus terluar Sulbar, bahkan lebih dekat ke wilayah Kalimantan Timur. Karena berjarak dekat dan memiliki banyak potensi wisata bawah laut maka Karampuang adalah tempat yang tepat untuk jadi tujuan wisata. Di pulau yang masih hijau ini, anda dapat menemukan pesona terumbu karang dan ikan-ikan clownfish yang cantik, belum lagi sebagian wilayah-wilayahnya yang memiliki pasir putih dan tebing di tepi pantai yang langsung bersisian dengan garis permukaan laut.

Sumber : http://www.sulbar.org/2015/04/pulau-karampuang-mamuju-eksotisme.html

KONTAK

Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat
(0462) 523xx
pde-dishubkominfo@sulbarprov.go.id

LOKASI