< Kembali

Menteri Perhubungan RI tinjau prasarana laut dan udara

Mamuju-Media Poros Sulbar. Kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI ke Sulbar Untuk Peninjauan Sarana dan Prasarana Laut Dan Udara. Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan mengatakan anggaran yang masuk di Sulbar tahun 2015 melalui dana APBN Pusat sebesar kurang lebih Rp 333 miliar, yakni di APBN Pokok sebesar Rp 211 miliar lebih dan APBNP sebesar Rp 121 miliar lebih.

Dana tersebut lanjut Ignasius, diperuntukkan untuk pembangunan fasilitas bandara Tampa Padang sebanyak 25 item, seperti subsidi angkutan udara perintis, pekerjaan pelapisan landas pacu, pembangunan. Gedung administrasi dan lain-lain, kurang lebih sebesar Rp 70 miliar.

Lebih lanjut, ignasius menambahkan akan melanjutkan pembangunan faspel pelabuhan belang-belang sebesar Rp 125 miliar dan beberapa fasilitas lainnya, seperti lanjutan pembangunan fastel laut Majene, Pulau Ambo, Pompongan dan lain-lain sebesar kurang lebih Rp 130 miliar lebih.

? ?Dengan anggaran sebesar itu, saya rasa fasilitas pelabuhan, bandara dan beberapa fasilitas lainnya akan menjadi baik. Terkecuali Dirjennya yang mengelola dan merancangnya tidak baik,” ujar Ignasius saat diwawancarai diruang tunggu bandara, Senin 30 Maret.

Sementara untuk jalur kereta api sepanjang 1700 KM dari Makassar-Manado, Ignasius mengatakan tahun ini masih tahap studi kelayakan, dan kemungkinan akan dimulai pembangunannya pada tahun 2016.

Sementara itu, Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mengucapkan terima kasih kepada menteri Perhubungan yang telah memberikan anggaran sebesar Rp 333 miliar ke Provinsi Sulbar.

"Ini anggaran terbesar pertama yang masuk di Dinas Perhubungan Sulbar sejak terbentuknya Provinsi ini,” ujar Anwar saat diwawancarai kemarin.

Anwar mengaku secepatnya akan memulai proses pelelangan proyek untuk sarana dan prasarana ini dan segera melakukan proses pembangunannya di Sulbar.

"secepatnya saya akan kumpulkan semua instansi yang terkait untuk membicarakan pembangunan infrastruktur ini,” ujarnya.

Anwar menegaskan akan melakukan pengawasan sendiri kepada proyek ini. Jangan sampai ada anggaran yang akan di salah gunakan oleh pejabat Sulbar yang terkait.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Dishubkominfo Sulbar, Suparto umar. Ia mengaku siap mengamankan proyek sarana prasarana ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni sampai akhir desember 2015.

"Saat ini sudah ada proyek yang dikerjakan. Tapi untuk proyek besar seperti pelabuhan, akan kita usahakan bisa dilakukan pengerjaannya bulan April,” tutup Suparto Umar kemarin…(*DS*)

http://mediaporossulbar.com/menteri-perhubungan-ri-tinjau-prasarana-laut-dan-udara/

KONTAK

Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat
(0462) 523xx
pde-dishubkominfo@sulbarprov.go.id

LOKASI