< Kembali

Penandatanganan Fakta Integritas Swasembada Pangan

Mamuju-Media Poros Sulbar. Pemerintah Sulawesi Barat dan Pangdam VII Wirabuana  menandatangani Fakta Integritas  pencapaian sasaran peningkatan produksi pangan  Swasembada. Penandatangananan ini juga diikuti para kepala Daerah dan Kodim di 6 Kabupaten Se-Sulawesi Barat di ruang pola Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Selasa (24/2).

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, Muh. Abdu  mengatakan, penandatanganan Fakta Integritas Antara Gubernur Sulawesi Barat, Panglima Kodam VII Wirabuana, Komandan Kodim dan Dinas Pertanian Se-Sulawesi Barat yang bertujuan untuk memperkuat komitment antara TNI dan Pemerintah dalam upaya Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai yang kegiatannya sudah berlangsung.

"Salah satu bentuk kegiatan yang dikerjasamakan dengan TNI adalah Pembangunan Irigasi yang peletakan batu pertamanya telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten di Sulbar pada tanggal 20 januari 2015 yang lalu,” katanya

Ia mengharapkan kegiatan penandatanganan Fakta Integritas ini, Pemda Kabupaten menindak lanjuti dengan membuat kegiatan serupa sampai tingkat Kecamatan dan Desa.

Sementara Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar,S.IP,M.AP mengatakan
salah satu pembangunan strategis yang sudah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia agar dalam tiga tahun ke depan Indonesia dapat menjadi Negara Swasembada Pangan.  

"Kalau Negara kita tidak Swasembada,maka negara kita tidak aman,sekarang pangan masih Impor dari luar Negri,Presiden telah memerintahkan Kepala StafAngkatan Darat pada 8 januari 2015  di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah dalam mendukung Swasembada pangan pada tahun 2017,” katanya

Ia mengatakan telah memerintahkan 5440 Babinsa Se-Sulawesi dalam membantu Petani meningkatkan produksi pangan dalam mendukung program Pemerintah Pusat mewujudkan Swasembada Pangan tahun 2017.

"Kalau perlu Babinsa di minta bertenda di sawah dalam mendukung peningkatan produksi pangan. Ia mencontohkan 1 hektar hasilnnya 12 ton,terendah 1 hektar 6 ton di soppeng sulsel,” katanya

Gubernur Sulawesi Barat H. Anwar Adnan Saleh mengatakan siap mendukung program Pemerintah Pusat dalam peningkatan produksi pangan dalam mewujudkan swasembada. (*03SY*)

http://mediaporossulbar.com/penandatanganan-fakta-integritas-swasembada-pangan/

KONTAK

Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat
(0462) 523xx
pde-dishubkominfo@sulbarprov.go.id

LOKASI