09 Mei 2018

PEMBUKAAN MTQ TINGKAT PROVINSI SULAWESI BARAT DI BUKA DI MATENG

Pembukaan Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VII Sulbar berlangsung  di lapangan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, Sabtu, 5 Mei 2018.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar selaku kepala pemerintahan daerah Provinsi Sulawesi Barat mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah, dan berharap agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, aman, tertib dan terkendali.

Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar membuka kegiatan MTQ tingkat Provinsi Di Kabupaten Mateng pada Sabtu 5 Mei 2018. Pada sambutannya Abm menyapaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mengokohkan komitmen, membudayakan revolusi mental dalam upaya membangun kebersamaan di wilayah Sulbar. MTQ ini juga diharapkan dapat dijadikan momentum untuk membentuk karakter, dan kepribadian yang tangguh, dan berakhlak mulia. Untuk itu dibutuhkan optimisme agar dapat mengantarkan kepribadian yang penuh tanggung jawab dan bermartabat dalam mewujudkan gerakan Indonesia bersih, Indonesia bersatu, dan gerakan Indonesia tertib serta gerakan Indonesia melayani,” tutur Ali Baal.

Mantan Bupati Polman itu juga sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Lallatassisara tersebut. Disampaikan, keberhasilan MTQ bukan dilihat dari prestasi di  setiap cabang, tapi keberhasilan dalam membangun karakter dan mental spiritual hingga menjadi masyaralat bermartabat dan peduli pada revolusi mental sehingga tujuan MTQ dapat tercapai dengan baik.

“Kepada para peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti kompetisi ini, guna meraih predikat yang baik untuk mewakili daerah provinsi Sulbar ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di kota Medan nanti. Kepada dewan hakim sebagai penilai agar dapat melaksanakan dengan baik sesuai ketentuan dan mekanisme perlombaan, dan terimakasih pada tuan rumah yang telah memberikan bantuan pikiran, tenaga dan waktu dalam mensuksekan kegiatan ini,” tandasnya.

Bupati Mateng, Aras Tammauni pada kesempatan tersebut juga mengucapkan selamat datang pada seluruh kafilah, dewan juri, tamu undangan pada agenda rutin pemerintah yang melibatkan budaya masyarakat dan bangsa tersebut. Beliau juga menyampaikan, event tahunan itu juga membina Qari Qariah dan Hafidz Hafidzah dan memilih yang terbaik mewakili Sulbar ke tingkat nasional.

“MTQ ini juga memiliki arti penting dalam memotivasi lahirnya qari qariah dan hafidz hafidzah dalam menyiarkan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan keislaman. Penyelenggaran MTQ juga sepatutnya memantapkan niat dalam rangka ibadah, juga momentum mewarnai dan membina ukhhuwa islamiyyah dalam rangka  mengembangkan syiar Islam di Sulbar,” kata mantan Ketua DPRD Sulbar tersebut.

Ia pun  berharap, MTQ kali ini dapat lebih memaknai secara komprehensif nilai masyarakat dan kemaslahatan umat Islam serta tujuan citra islami yang ramah, sejuk dan damai, “Semoga dapat meningkatkan kedamaian, kerukunan, mencari titik persamaan bukan perbedaan. Kami titip harapan pada kafilahuntuk mencurahkan seluruh kemampuan , berkompetisi dengan mengedepankan persatuan dan berlomba dalam kebaikan. Terimakasih pada bapak Gubenur atas kepercayaan pada pemda Mateng sebagai tuan rumah. Kami atas nama Pemkab Mateng mengucapkan selamat bermusabaqah,” sebutnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sulbar, Ismail Zainuddin menyampaikan, pelaksanaan MTQ di kabupaten termuda di Sulbar tersebut merupakan momen kebangkitan Qari Qariah dan Hafidz Hafidzah untuk meraih prestasi dan memberikan ruang pada putra-putri Sulbar untuk mengembangkan bakat.

“Selaku ketua LPTQ, saya harap perhatian dan kerjasama semua pihak dilandasi keikhlasan sehingga kendala yang ada dapat dihadapi dengan baik. MTQ ini bukan suatu hal yang mudah, dengan adanya niat baik dari pemprov, pemda dan masyarakat Mateng, semua persiapan dapat terselesaikan dengan baik. Atas nama penanggung jawab, saya beri apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana dari yang telah bekerja sama mencurahkan pikiran, waktu dan tenaga demi suksesnya MTQ ini,” jelas pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah provinsi Sulbar tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Sulbar, Andi Ruskati Ali Baal, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua DPRD Sulbar, Amalia Fitri Aras beserta jajaran DPRD Sulbar, Forkopimda provinsi Sulbar, para Bupati dan Wakil Bupati se-Sulbar, Pimpinan OPD lingkup provinsi dan kabupaten se-Sulbar, instansi vertikal, para ketua DPRD se-Sulbar, ketua MTQ se-Sulbar, Forkopimda Mateng, perwakilan Kapolda Sulbar, tokoh agama, tokoh pemuda, dan para dewan hakim

Read 192 times
(0 votes)