05 Apr 2018

Gubernur Sulbar dan Kadis Pendidikan Sulbar Pantau UN Tingkat SMK

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar bersama rombongan kadis pendidikan Sulbar Andi Sukri Tamalele meninjau pelaksanaan Ujian Nasional tigkat SMK di Kabupaten Mamuju. Salah satu sekolah yng ditunjau adalah sekolah SMK Rangas dan SMK 1 Mamuju. Setibanya, ABM meninjau satu persatu  ruangan sekolah saat pelaksanaan ujian sekolah tingkat SMK Rangas Mamuju, Senin 02 April 2018.  Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar melakukan pantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menegah Kejuruan  di Kabupaten Mamuju. Kunjungan tersebut dalam rangka memberikan pengarahan dan motivasi kepada para siswa yang sedang ujian.

 

“ Alhamdulillah pemantauan hari ini bertitik pada dua SMK, yaitu SMK 1 Rangas dan SMK 1 Mamuju, selain itu ada SMK Bonehau yang sementara bergabung di SMA 1 Mamuju, semoga semuanya berjalan dengan lancar dan anak-anak bisa mengikuti dengan sungguh-sungguh,” imbuhnyaDikemukakan, tingkat persiapan dari berbagai pihak stakeholder terkait dinilai sudah maksimal baik dari panitia ujian maupun dari pihak departemen pendidikan yang ada.  Selain itu, keberhasilan para siswa diperkirakan akan mencapai 98 atau 99,9 persen kelulusan, dimana sesuai harapan bersama kelulusan pelajar ditargetkan mencapai 100 persen kelulusan.“ Penilainnya itu harus ada, dimulai dari kerajinan para siswa,  kalau bisa ulangan harus ada tiap minggu, selanjutnya pertriwulan,  persemester dan semua itu harus diakumulasi dan tidak hanya dinilai dalam satu hari ujian saja,”ungap ABM.Dikatakan, dari hasil pemantauan dan dari pernyataan beberapa guru pengawas tersebut, para siswa tidak mengalami kendala yang berat, hanya saja terdapat dua komputer yang sedang bermasalah di SMK Negeri 1 Rangas dan hal tersebut sudah teratasi dengan baik.

 

“ Kedepan harus ada perbaikan-perbaikan baik kurikulum belajar dan proses belajar mengajarnya,” beber mantan Bupati Polman dua periode itu.Tidak hanya itu, terdapat sepuluh sekolah yang belum bisa menggunakan sarana aplikasi komputer, maka dari itu selaku kepala daerah ali baal menargetkan tahun depan program tersebut dapat berjalan sebagain mana mestinya.

 

“ Diharapkan semuanyan dapat berjalan dengan bagus, baik dari pemerintah daerah maupun dari guru-guru pengawas,  panitia dan siswa termasuk sarana dan prasarana sekolah, selain itu, diharapkan para pelajar bisa betah berada di sekolah dan tidak selalu mau cepat pulang,  jadi semuanya harus bagus, sarananya harus lengkap, kwalitas guru harus lebih ditingkatkan, kesejahteraannya juga perlu diperhatikan sehingga tercipta sinergi yang lebih ditiap sekolah-sekolah. Berdasarkan data rekap peserta ujian nasional SMK UNBK dinas pendidikan sulbar tahun  ajaran 2017/2018 ditiap kabupaten dimulai dari, kabupaten mamuju terdiri dari 7 unit SMK Negeri, 4 unit SMK Swasta, kabupaten majene terdapat 6 unit SMK Negeri dan 1 unit SMK Swasta, Kabupaten Polman 11 unit SMK Negeri dan 9 unit SMK Swasta, Kabuapten Mamasa terdiri 2 SMK Negeri dan  1 SMK Swasta, Kabupaten Pasangkayu 5 unit SMK Negeri dan 1 unit SMK Swasta kabupaten mamuju tengah terdapat 2 unit SMK Negeri jumlah keseluruhan 33 unit SMK Negeri dan 16 unit SMK Swasta dari 49 Sekolah.

Selain itu, Kadis Pendidikan Ansi Sukri Tamalele mengatakan bahwa untuk jumlah SMK yang melaksanakan ujian UNBK sebanyak 49 dan UNKP sebanyak 69 dengan jumlah 118. Sedangkan jumlah peserta ujian Nasional untuk SMK sebanyak 5.461 yang melaksanakan UN berbasis UNBK dan Berbasis UNKP sebanyak 2.414 siswa. 

Read 194 times Last modified on Kamis, 26 April 2018 14:30
(0 votes)