01 Nov 2017

Peresmian Gedung Markas Komando Lanal Mamuju Dimeriahkan Dengan Atraksi Terjun Payung

Gubernur Sulawesi Barat Muh Alibaal Masdar hadir di acara Upacara  peresmian Gedung Markas Komando Lanal Mamuju, Dermaga Rangas Lanal Mamuju dan Rumah Dinas Simboro Lanal Mamuju, dilaksanakan di lapangan Apel Lanal Kelas C yang terletak di Jl. Arteri, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar. pada hari Selasa, 31 Oktober 2017.  Keberadaan fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) Mamuju  sudah ada sejak tahun 2016. Markas Komando Lanal Mamuju diresmikan Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi Se. M.A.P dan  dihadiri pula Pangarmaritim Laksamada Muda TNI, Danlantamala VI, Laksamana pertama TNI, Irjenal Laksanama muda TNI Tri Prasodjo, Ksal Laksamana muda TNI, Kapushidrosal Laksanaman muda TNI, Kadispenal Laksamana TNI, Kadisfasinal Laksamada TNI, Kadispamal Kolonel Laut, (E) Pankoopsau II Marsda TNI, Kajati Sulselbar, Kabinda Sulbar, Dir Pam Obvit Polda Sulbar Danrem 142 tatag, Sekprov Sulbar,Bupati Mamuju,Wakil Bupati Mamuju, Bupati Mateng dan Wakil Bupati Mateng, Bupati Mamuju Utara,  Ketua DPRD Polman,Ketua DPRD Mamuju, Dandim 1418 Mamuju, Dandim Mamuju, Kapolres Mamuju, Para OPD Lingkup Sulbar,tokoh masyarakat dan tokoh agama,tokoh pemuda,masyarakat dan para tamu lainnya.

Di sela-sela acara, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar yang hadir pada kesempatan tersebut berharap, kedepan Lanal Mamuju bisa lebih dikembangkan lagi. Terlebih lagi kementrian Kelautan dan Perikanan juga sangat mendukung perkembangan lautan Sulbar. “Kehadiran Lanal Mamuju ini kami harapkan bisa mengantisipasi kejahatan yang ada di lautan Sulbar dan menjaga laut kita dari segala kejahatan, seperti illegal logging, illegal fishing dan illegal mining.  Menteri susi juga akan memberikan bantuan kapal untuk Sulbar,” kata Ali Baal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staff Angkatan Ade Supandi yang meresmikan,  mengharap  Angkatan laut memiliki tempat atau fasilitas yang memadai dengan memenuhi 5P, adapun 5P yang dimaksud Laksamana Ade Supandi adalah pemangkalan KRI yang operasional, pemeliharaan, perbaikan, perawatan personil dan fasilitas pembinaan pangkalan.

“harapannya, kedepannya tidak kesulitan lagi kalau kalau operasi di Daerah Sulbar karena adanya fasilitas yang dimiliki lanal Mamuju ini” ujar Laksmana Ade Supandi. Kasal menanggapi permintaan Gubernur Sulbar, dimana lanal tersebut mempunyai fasilitas C dan insya allah akan menjadi tipe B dan kedepan kita akan usahakan personilnya yang mengisi adalah dari putra-putri  dari Provinsi Sulbar.
" pada hari ini juga saya meresmikan Lanal Mamuju dan perumahan bagi prajurit agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat bersinergi dengan Polri dan Pemda, Ujarnya.
Lanjut disampaikan bahwa persemian pangkalan TNI AL pada hakekatnya merupakan implementasi strategis sebagai bentuk keamanan terpadu untuk Mamuju TNI AL yang handal dan disegani dunia.
Selain itu,  pangkalan TNI ini ada, sebagai upaya untuk mengamankan perairan di Sulawesi yang dinilai memiliki kerawanan yang cukup tinggi sehingga harus mempu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan sekitarnya. Apalagi ditinjau aspek strategis, dimana merupakan alur laut Internasional sehingga diperlukan pengawasan maksimal yang intensif,"katanya.
Atraksi terjung payung turut memeriahkan acara Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Sulbar, Selasa (31/10/2017) Oleh pasukan Yontiafib -1 Marinir sebanyak 14 pasukan elit TNI AL akan terjun dari pesawat Cassa U-616 dengan ketinggian 6.000 feet di atas permukaan laut dengan landasan yang telah ditentukan, "Meraka akan melintas dan terbang rendah juga satu pesawat CN 212 skadron 600 wing udara I Puspenerbal dihadapan  tamu undangan yang hadir dalam peresmian.

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid yang hadir dalam peresmian yang dipusatkan diareal Lanal Mamuju, mengungkapkan, dengan wilayah Mamuju dengan daerah perairan yang lebih luas dibanding daerah daratan keberadaan Lanal yang diresmikan oleh kepala staff Angkatan Laut tersebut sangat strategi dalam kaitannya melakukan pertahanan dibidang perairan. “potensi-potensi yang ada diperairan khususnya laut ini akan lebih dimaksimalkan, dan dengan keberadaan lanal ini pengamanan dilaut akan semakin meningkat” sebut Habsi Wahid.


Read 42 times Last modified on Rabu, 01 November 2017 10:02
(0 votes)