09 Okt 2017

Biro Humas dan Protokol Latih Staf OPD

 Biro Humas Sulbar  Menggelar Pelatihan Jurnalis dan Fotografer yang dibuka oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Eman Hermawan  di Lantai II Kantor Gubernur Provinsi Sulbar pada Senin Tanggal 9 Oktober 2017. Pada pelatihan tersebut hadir sebagai  pemateri yakni Pimpinan Redaksi Radar Sulbar Sudirman,Fotografer Radar Sulbar Firdaus Paturusi  dan peserta terdiri dari  seluruh staf OPD tingkat Provinsi Sulbar.
Kepala Biro Humas Sulbar Eman Hermawan menjelaskan pada sambutannya , kegiatan pelatihan Jurnalistik dan Fotografer ini bertujuan agar para staf seluruh OPD Provinsi bisa belajar tentang tata cara penulisan berita dan pengambilan gambar yang baik sesuai dengan objeknya. "dengan adanya pelatihan ini diharapkan kedepan para staf bisa mengirim berita yang ada di setiap instansi yang nantinya akan dimuat di website Humas. Melihat selama ini masih kurangnya personil dan anggaran yang masih kurang untuk bisa menjangkau semua kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Provinsi, dan kedepan kegiatan ini kiranya akan berlanjut untuk di setiap OPD Ujar Mantan Sekwan ini.
Sedangkan pada materi yang dibawakan oleh pimpinan redaksi Radar Sulbar, Sudirman mengajarkan tentang tata cara penulisan yang baik dan benar dengan melihat 5 W + 1 H yang menjadi dasar penulisan berita. " kita harus bisa mengetahui dan  melihat suatu kejadian yang dapat dijadikan dasar berita atau objek yang ditujukan. Seperti salah satu contoh jika melihat dari objek, PNS Pemprov terjatuh di trotoar itu adalah suatu berita, akan tetapi orang akan melihat sebagai hal yang biasa saja, tidak menimbulkan suatu hal yang luar biasa. Sedangkan contoh kedua adalah Gubernur terjatuh di Trotoar saat meninjau lokasi Pembangunan Rumah sakit. Nah, berita ini tentunya akan menjadi informasi yang akan dianggap penting dan banyak yang ingin mengetahuinya, tutur Sudirman. Ditambahkan lagi bahwa penulisan yang baik, tentu harus tetap berdasar pada 5 W + 1 H agar penulisan bisa lebih tersusun dan dapat mudah dimengerti oleh pembaca, tutup Sudirman. Pada sesi ke II yang dibawakan Firdaus  menjelaskan tentang bagaimana pengambilan gambar yang baik yang bisa dijadikan sebagai dasar pada penulisan berita. 
   

Read 195 times Last modified on Senin, 09 Oktober 2017 20:07
(0 votes)