20 Jul 2017

Pesta Panen, Bupati Paparkan Potensi Sawah Mamuju

 

 

Pesta Panen yang digelar di Desa Beru-Beru Kecamatan Kalukku pada rabu (19/07) menghadirkan Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, H. Ali Baal Masdar, Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid, pimpinan Forkopimda Lingkup Pemerintahan Sulbar dan Kabupaten Mamuju, Pimpinan Bank dan beberapa Perwakilan Petani diseluruh Kabupaten di Sulawesi Barat.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mamuju memaparkan potensi sawah yang dimiliki Daerah yang dipimpinnaya bersama Wakil Bupati, H. Irwan SP Pababari.

 

“potensi sawah di Kabupaten Mamuju sekitar 16.430 hektar, dan itu belum termasuk sawah ladang sekitar 1000 hektar” papar Habsi Wahid.

 

Ia menambahkan, tingkat produktivitas sawah di Kabupaten Mamuju secara rata-rata sekitar 5,2 ton/hektar. “khusus di Desa Beru-Beru ini telah mampu peningkatan produktivitasnya sekitar 7,2 ton/hektar” sebut Bupati Mamuju.

 

Bupati Mamuju juga berharap kepada Gubernur agar memberikan perhatian  khusus dibidang pertanian pasalnya menurut Bupati, 62 persen penduduk Mamuju berprofesi dibidang pertanian, selain itu juga sektor pertanian menyumbangkan 62 persen pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mamuju, olehnya itu selaku Pemimpin di Kabupaten Mamuju, Habsi Wahid mengharpakan adanya perhatian khusus bagi para petani.

 

Gubernur Sulawesi Barat, H. Ali Baal Masdar yang juga hadir dalam acara tersebut menghimbau kepada para petani agar bisa memanfaatkan sawah dengan baik, sehingga dalam melakukan pengelolaan lahan pertanian khususnya padi bisa lebih baik lagi.

Pada acara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana pertanian oleh Gubernur Sulawesi Barat. Adapun bantuan  yang diserahkan antara lain, Bidang Tanaman Pangan : Bantuan Pengembangan kawasan Bawang Merah, bantuan pemeliharaan komoditi jeruk, bantuan pengembangan kawasan cabai, bantuan benih komoditi padi hibrida, bantuan benih budidaya jagung, bantuan alat dan mesin pascapanen. Bidang Peternakan : bantuan bibit sapu potong, sapi calon indukan, dan induk sapi Bali, bantuan induk ternak dan bibit Kambing, bantuan vaksin rabies dan anthrax. Bidang Perkebunan : bantuan bibit kelapa siap tanam, bantuan pupuk organic, bantuan gunting pangkas. Dan bidang prasarana dan sarana pertanian (PSP) : bantuan traktor roda dua, bantuan pompa air, bantuan kultivator, bantuan rice transplanter, bnatuan handsprayer, bantuan irigasi tersier, bantuan irigasi perpipaan dan bantuan pembangunan embung

Read 126 times Last modified on Kamis, 20 Juli 2017 17:07
(0 votes)