26 Mar 2017

Dinas PP dan PA, Pengendalian Penduduk Dan KB Sulbar Menggelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat Perempuan, Pemuda, Mahasiswa Peduli Politik

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulbar Melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat Perempuan, Pemuda, Mahasiswa Lembaga Masyarakat Peduli Politik di Kabupaten Mateng, pada tanggal 24 sampai 25  Maret 2017 dan dibuka oleh Asisten I Kab Mateng.  Kegiatan Tersebut dihadiri Anggota DPRD  Provinsi Sulbar Hj Hastuti Indriani, Anggota DPRD Kabupaten Mateng, Diana Ritonga dan dari Satgas Yurlin. Pada kegiatan ini ditutup oleh Kadis PP dan PA, Pengendalian Penduduk dan Kb Darmawati .
Pada kesempatan, Hastuti Indriani yang membawa materi tentang kapasitas perempuan dalam pentas politik menjelaskan bahwa pada saat ini kapasitas perempuan di dunia politik masih sangat kurang. Sehingga di butuhkan adanya pemahaman tentang politik. "di ketahui  bahwa kendala yang paling utamanya adalah peran dari suami dan keluarga serta cost politik. Namun semua diperlukan untuk terjun kedalamnya. Maka dari itu yang paling utama adalah adanya kemauan dan niat sehingga bisa terwujud."politik itu adal dimana-mana bukan hanya dalam sebuah berpolitik, akan tetapi di sekolah juga ada politik yaitu terkait pemilihan ketua osis atau semacamnya karena dibutuhkan pendukung untuk bisa duduk sebagai ketua. Begitu juga dalam rumahtangga dan di tempat kerja.
Untuk itu, perempuan yang ingin maju dalam dunia politik perlu memiliki kemauan yang besar dan berani menjelaskan serta ada tujuan yang mulia didalamnya. Banyak yang ingin menjadi anggota dewan, namun terkadang setelah mereka duduk, mereka tidak menjalan tugasnya sebagai wakil rakyat. " terjun kepolitik kita harus kuat, bersaing dalam pemilihan itu wajar, setelah ada didalam DPR maka semua menjadi satu dalam tugas untuk
mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sulbar.
Dalam hal ini wanita yang telah tiga periode ini juga membawa materi tentang maaster Of Ceremonies (MC) bagaimana berpenampilan dan memiliki keberanian untuk tampil di depan orang dan itu juga dibutuhkan sebagai orang politik yang harus pandai berbicara baik di In Door maupun dalam Out Door, sehingga bisa menarik simpatik orang banyak Pada ksempatan lain, Staf dari Dinas PP dan PA Sulbar Yurlin membawa materi tentang tugas dan fungsi Satgas PPA dalam Pencegahan,Pelayanan,Pendampingan/Advokasi Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Selain itu Yurlin juga memberikan gambaran dari kasus  kekerasaan yang terjadi terhadap  Perempuan Dan kasus penelantaran anak .   "Tugas Satgas yang mengadvokasi korban sampai memberikan perlindungan dan mendampingi korban untuk mendapat keadilan dalam penegakan hukum. Diharapkan agar adanya  peranan masyarakat setempat bisa mengawasi dan memberikan laporan kepada pihak terkait jika ada kasus terkait kekersaan terhadap perempuan dan anak.     
---------------------------------------

Read 130 times Last modified on Minggu, 26 Maret 2017 23:46
(0 votes)