23 Mar 2017

400 Petani dan pendamping Akan Dilibatkan Penas

Sekprov. Sulawesi Barat, Ismail Zainuddin saat memberikan sambutan dalam  Rapat Persiapan PENAS XV Aceh 2017, yang digelar di Ruang Rapat Lantai III, Kantor Gubernur Sulbar, Rabu 22 Maret 2017

Pemprov Sulbar –  Jelang Pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan ke-XV yang direncanakan digelar  di Provinsi Aceh, Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar Rapat Koordinasi di ruang pertemuan lantai III Kantor Gubernur Sulawesi barat, Rabu 22 Maret 2017

 

Sekprov  Sulbar,  Ismail Zainuddin menyampaikan, bahwa Pekan Nasional adalah salah satu ajang pertemuan dan silaturrahim para petani nelayan dan seluruh stakeholder dalam rangka meningkatkan motivasi dan kegairahan petani, nelayan dan hutan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan yang mana setiap daerah dapat mengaktualisasikan seluruh potensi masing-masing daerah khususnya Provinsi Sulawesi Barat.

 

“Penas ini  juga bagian dari upaya kita untuk memperkenalkan produk , inovasi, teknologi-teknologi yang kita miliki dalam rangka meningkatkan produksi petani dan nelayan dan sekaligus juga kita akan belajar berinovasi dari teknologi apa saja yang dikembangkan dari petani-petani  dari daerah lain. Tapi dalam proses pengembangannya, tidak serta merta sebab kita harus mempelajari kondisi geografis, sistem pemasaran kita. Jadi kita tidak sekedar meniru tetapi juga bisa mengaktualisasikan ke dalam sikap kita sebagai seorang petani” ucap Ismail.

 

Lanjut disampaikan, Provinsi Sulbar memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) baik di darat maupun di laut seperti Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Perikanan. Sektor Pertanian berperan besar dalam Pembangunan di Provinsi Sulawesi Barat, dimana sektor pertanian menyumbang Pembentukan PDRB Provinsi Sulbar, menyerap tenaga kerja dari jumlah Penduduk yang bekerja serta berperan strategis dalam penciptaan Ketahanan Pangan Daerah melalui penyediaan pangan Masyarakat yang sangat erat kaitannya dengan Ketahanan Sosial dan Ketahanan Nasional.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulbar Hamzah dalam pemaparannya menyampaikan, dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian Petani – Nelayan dalam meningkatkan Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) akan menyelenggarakan Pekan Nasional (PENAS) XV di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh yang akan diselenggarakan pada Tanggal 6 s/d 11 Mei 2017.

 

 Hamzah menambahkan, berdasarkan surat dari Kepala BPSDM Pertanian No. 18/PusatPenasXV/I/2017, Tanggal 12 Januari 2017, Perihal Peserta PENAS XV Tahun 2017, jatah Peserta PENAS XV Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 400 Peserta yang terdiri dari Peserta Utama, Peserta Pendamping dan Peserta Peninjau. Adapun pembagian jumlah Peserta dari kabupaten dan Provinsi Sulawesi Barat diantaranya, Kabupaten Mamuju Jumlah Peserta 25 Orang, Kabupaten Mamuju Tengah Jumlah Peserta 15 Orang, Kabupaten Mamuju Utara Jumlah Peserta 15 Orang, Kabupaten Majene Jumlah Peserta 115 Orang, Kabupaten Polewali mandar Jumlah Peserta 120 Orang, Kabupaten Mamasa Jumlah Peserta 15 Orang serta Provinsi Jumlah Peserta 95 Orang.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah didampingi Asisten Bidang Pembangunan dan Kesra Provinsi Agussalim Tamajoe, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Hamzah dan Ketua KTNA Anshar Andi Zubair serta dihadiri Para Asisten Bidang Pembangunan dan Kesra Se-Sulbar, Para Kepala Dinas Pertanian Se-sulbar, Para Ketua KTNA Kabupaten, Ketua Komisi Penyuluhan, Ketua Forum Komunikasi P4S Provinsi Sulbar serta undangan lainnya.

Read 192 times
(0 votes)